Antara Mesin Bensin dan Mesin Listrik

spesifikasiharga.net – Sobat sekalian memang ketakutan terbesar dari motor listrik adalah limbah baterainya yang banyak kalangan menilai limbah baterai lebih berbahaya kelimbang polusi udara … tapi ya seenggaknya baterai lebih ada wujudnya dan bisa ditemukan solusinya ketimbang polusi udara yang solusinya hanya satu yakni ketersediaan tumbuhan hijau … dengan semakin menciutnya hutan di berbagai belahan dunia makin membuat pesimis sob … 😀

Ketika peluncuran Viar Q1 beberapa saat yang lalu di kolom komentarnya kang iwanbanaran.com banyak yang koar-koar limbah baterai lebih berbahaya dibanding limbah baterai … percuma pake motor tenaga listrik kalo masih menggunakan pembangkit listrik tenaga diesel … ini itu pro dan kontra …

JIka memang efek langsungnya emang iya sob … baterai memang lebih banyak menimbulkan sampah lebih cepat … berbeda dengan polusi CO2 yang gak kelihatan sedikit demi sedikit lapisan ozon tergerogoti dan efeknya yang kita rasakan sekarang … apa sobat sekalian merasa di tempat tinggal sobat sekalian yang dulunya adem kini jadi terasa lebih panas? jika iya berarti sama dengan tempat tinggal ane sob …

Pertama kita bahas kendaraan berbahan bakar fosil dulu sob … memang sampai saat ini di seluruh dunia sedang konsen akan emisi gas buang bahkan di eropa sudah menggunakan regulasi emisi EURO4 dan ancang-ancang EURO5 yang lebih ketat lagi dan di indonesia masih berkutat dengan EURO3 …

Nah regulasi emisi ini sifatnya cuman meminimalisir gas buang yang ditimbulkan dari kendaraan berbahan bakar fosil, yang artinya tidak sepenuhnya menghilangkan efek emisi gas buang … yang akan jadi percuma jika jumlah kendaraan bermotor yang kian banyak … sekecil-kecilnya emisi gas buang kalo di akumulasikan kan jadi buanyak banget sob … di indonesia sendiri pas bulan Oktober lalu kendaraan roda dua terjual sebanyak 546.607 uni … wuih gila gak tuh? itu baru di indonesia lho sob … belum di seluruh penjuru dunia … belum dihitung roda 4nya …

lah ngaco ente bang kan bukan kendaraan bermotor aja yang mempengaruhi polusi udara? yup ane juga sepakat akan hal itu namun pertumbuhan kendaraan bermotor kan paling cepat ketimbang faktor lainya betul? dan solusi yang mampu meminimalisir CO2 adalah ketersediaan tumbuhan hijau sob … kira-kira sekarang perbandingannya jumlah kendaraan bermotor dan jumlah pohon di indonesia berapa ya? 😀

sampai saat ini penanggulangan limbah kendaraan bermotor cuman pembatasan emisi gas buang saja sob … itupun gak sepenuhnya menghilangkan cuman sekedar meminimalisir … eh kalo ada solusi lain silahkan di koreksi ya sob … apalagi CO2 sifatnya gak kelihatan sob … kalo sudah membaur dengan udara luar ya sudah gak bisa diapa-apain … tinggal menyerahkan pada tumbuhan hijau … betul?

Nah kedua kita bahas kendaraan listrik, kalo di lihat dari gas buangnya memang kendaraan listrik bersih dari polusi udara sob … yang dipertanyakan pertama adalah sumber listriknya kalo sumber listrik … akan jadi percuma jika menggunakan bagan bakar fosil seperti PLTG (Pembangki Listrik Tenaga Gas) atau PLTD (Pembangki Listrik Tenaga Diesel) … nah setelah di tilik pembangkit lilstrik di indonesia rata-rata bukan 2 dari tipe pembangkit listrik tersebut sob … jadi lumayan aman lah … 😀

Baca : Daftar Pembangkit Listrik di Indonesia

kemudian limbah baterai yang berbahaya … nah ini memang menjadi isu yang besar sob … ada beberapa komponen yakni Mangan, Cobalt dan Lithium yang di klaim tidak dapat di daur ulang … namun menurut ane sih  … selama masih ada wujudnya masih ada kemungkinan untuk di daur ulang … berbeda dengan benda yang tak ada wujudnya namun tetap membutuhkan waktu yang cukup lama sob …. jika dalam jangka waktu dekat belum memungkinkan ya mungkin dalam waktu panjang mungkin bisa terjadi …

JIka di model mesin ini di bandingkan memang ada plus minusnya sob … secara performa memang mesin berbahan bakar fosil lebih unggul dibanding mesin listrik karena memang sumber tenaga di hasilkan dari mesin itu sendiri … berbeda dengan mesin listik bersumber dari tempat lain yang di simpan melalui baterai … kalo soal efisiensi bahan bakar Motor listrik memang juaranya sob … namun ya itu performanya kurang maksimal dan untuk motor sejauh ini kecepatan maksimalnya cuman 80 Km/h … namun soal dampak pencemarannya ane rasa kendaraan listrik sejauh ini masih menjadi solusi yang tepat.

kalo emang bener-bener pure mesin bebas polusi dan limbah baterai ya pake mesin hidrogen sob … lah malah ngelantur … 😀 punya opini lain monggo dishare di kolom komentar …. kcg.

advertisement