Deretan Fitur Baru Android 11

spesifikasiharga.net – Semenjak seri Android 10, Google tidak lgi menggunakan nama makanan manis sebagai kode nama versi sistem operasi Android, dan digantikan dengan angka demi kemudahan penyebutan masing-masing negara di seluruh dunia.

Pada tanggal 8 Spetember 2020 lalu google secara resmi mengumumkan versi stable untuk Android 11, yang mana saat ini pabrikan teknologi sudah mulai mengembangkan versi custom romnya sendiri untuk versi androi 11 ini.

BacaKode Nama Internal Android 11 adalah Red Velvet Cake

Bagaimanapun Android 11 ini sudah dilengkapi dengan beberapa fitur bawaan yang bisa dikembangkan lagi oleh produsen, nah apa saja? berikut ini adalah deretan fitur baru yang tertanam pada Android 11.

1. Chat bubbles (for messaging apps)
Google mengadaptasi dari aplikasi Facebook Messenger dan menamakannya dengan chat bubbles, Dengan fitur baru ini memungkinkan pengguna untuk tidak perlu membuka aplikasi untuk melanjutkan percakapan.

2. Screen Recorder
Sat ini sobat sekalian tidak perlu menggunakan aplikasi perekam layar pihak ketiga, karena google secara resmi membenamkan fitur baru ini. Untuk pengaturannya bisa melakukan beberapa pilihan seperti perekaman audio dan merekam area layar yang di sentuh pula.

3. Power Menu for Connected Smart Devices
Selain untuk mematikan smartphone tombol power juga diberikan tambahan fitur. Hanya dengan menekan dan menahan tombol power, akan menampilkan device smart home apa saja yang sudah terhubung dengan ponsel. Seperti Lampu, Kunci, dan kamera tanpa harus membuka aplikasi.

4. One-Time Permissions
Fitur ini memungkinkan pengguna untuk hanya memberikan akses satu kali sebuah aplikasi dan akan meminta izin kembali ketika lain kali digunakan. Sebagai contoh ketika membuka aplikasi tertentu meminta akses kamera, contak, atau media maka hanya di berikan ijin 1 kali saja dan jika di aplikasi diguka kembali membutuhkan ijin kembali.

5. Permission Auto-Reset
Fitur ini memungkinkan untuk secara otomatis menghentikan ijik sebuah aplikasi jika sudah lama tidak digunakan, dan ijin kembali diberikan suatu ketika pengguna kembali menggunakan aplikasi tersebut.

Baca : Mulai Q4 2020 Ponsel Dengan RAM Dibawah 2GB Harus Gunakan Android Go

advertisement